Saat Ini Orang Sedang Online

Membuat Website dengan Web Hosting dan Domain Gratis




000webhost adalah suatu Web Penyedia Web Hosting dan Domain secara gratis alias cuma-cuma. Sebelum membicarakan lebih jauh tentang web ini, ada baiknya kita kenal dulu, apa itu Web Hosting dan Apa itu Domain.
Saat kita akses suatu halaman Web, maka nantinya akan muncul suatu tampilan. Nah, tampilan itu berasal dari server yang mengolah suatu script (baik itu php, asp, atah hanya HTML biasa) sehingga muncullah tampilan yang ada di browser Anda. Di tampilan tersebut juga bisa di munculkan gambar, video, audio dan lainnya. Nah, file-file tersebut, baik yang file script ataupub multimedia harus di tempatkan di suatu komputer/server yang selalu terhubung dengan internet. Komputer yang menyediakan Jasa tersebut adalah komputer HOST atau lebih dikenal dengan tempat Hosting File.

Mengingat Server Hosting itu harus aktif terus selama 24 jam, dan Server tersebut juga harus kuat dan memiliki akses internet yang super cepat makan biasanya Server Hosting itu berbayar. Tapi tenang, yang saya bahas di sini adalah server Hosting yang Gratis. Karena apa? Karena kita semua Cinta dengan Gratisan :).
Lalu apa itu Domain? Domain Sebenarnya adalah penyebutan singkat dari Domain Name System (DNS). Ingat sebelumnya, saat kita akses suatu halaman Web, maka kita harus entry terlebih dahulu sebuah nama di browser yang nantinya akan mengakses kita ke halaman tersebut. Contoh Domain adalah    adsensecamp.com, kumpulblogger.com, 000webhost dan ziddu.com. Nah, Domain sendiri mempunyai akhiran yang berbeda-beda. Seperti .com (Untuk komersial), .tv (Untuk TV), .org (Untuk organisai) dan lain-lain yang masing-masing akhiran mempunya arti sendiri-sendiri.
Fungsi sebenarnya dari Domain adalah sebagai nama lain dari Alamat Web Hosting yang berupa IP Address. Misalnya saja  kumpulblogger.com. Jika kita menggunakan nama asli dari Hosting web tersebut, maka  kita harus menggungkan IP Adress-nya. Nah karena sulit untuk menghapal IP Address tersebut, maka kita hanya perlu menuliskan Domain di browser dan nantinya Browser yang akan menterjemahkan Domain tersebut ke dalam bentuk IP Address.
000webhost.com adalah sebuah web site penyedia Hosting dan Domain Gratis dengan Fasilitas:
  1. 1500 MB of disk space
  2. 100 GB of data transfer
  3. PHP and MySQL support with no restrictions
  4. cPanel control panel
  5. Website Builder
  6. Absolutely no advertising!=> Tanpa Iklan, One and Only
  7. Bisa bikin duit / money / uang dengan sistem referal-nya //
Nah setelah mengerti, kita mulai bahas soal 000webhost.com. Untuk mendaftar, cukup click 000webhost.com, dan pilih Sign Up dari halaman tersebut.
Setelah di klik singup, maka akan muncul beberapa pertanyaan Yang harus Anda isi yaitu:
  1. I want to host my own domain or,
  2. I will choose your free subdomain (recommended).
    Artinya, jika anda sudah punya domain sendiri, maka isi no 1, tapi jika belum maka cukup isi no 2, nama Domain yang Anda inginkan, misalnya saja karembo (maka nanti akan menjadi karembo.site40.net.
  3. Your name => Nama Anda
  4. Your email => E-Mail Anda
  5. Password => Harus diisi dengan kombinasi alphabet dan angka
  6. Type password again => harus diisi sesuai dengan password
  7. Enter the number you see in the image => Masukan kata yang sesuai dengan yang ada di atas
  8. I agree to Terms Of Service => Tandai jika Anda setuju dengan TOS dari 000webhost.com
  9. Lalu klik Create My Account

Mulai beberapa hari yang lalu, untuk validasi, sudah tidak menggunakan email lagi melainkan menggunakan sebuah software pengecek ip_addres. Berikut ini adalah pengumuman dari 000webhost.com.
Before your account can be activated, you need to confirm your computer IP address. It’s easy - just download ip_confim.exe to your computer and run (execute) it. You will get 6 digit confirmation code, which you will have to enter below.
* Code you have entered is invalid, please follow instructions to activate your account:
1. Download ip_confirm.exe to your computer and run it, ada kasus sebagian orang tidak bisa download dari situ, coba download dari sini saja.
2. You will get 6 digit confirmation code.
3. Enter this 6 digit confirmation code here:
Bagaimana cara kerjanya?
  1. Download program ip_address.exe., ukurannya sekitar 2.78 Kb. Jalankan dan dia akan memberikan kode aktivasi untuk account Anda berdasarkan ip addres tempat anda sekarang.
  2. Masukan ke-6 digit yang anda dapatkan ke textbox yang di sediakan, lalu klik Confirm & Activate

Maka Anda akan di bawa ke halaman Account Setup in Progress. Tunggu sebentar, Setelah 1 - 6 menit, maka Anda akan secara otomatis di lempar ke halaman Account Details Overview. Segera Bookmark halaman ini untuk memudahkan Anda kembali ke sini lagi.
Di Halaman ini akan di tampilkan beberapa informasi yaitu:
  1. Nameserver details, abaikan ini karena kita menggunakan domain dari 000webhost.com
  2. Website Details, Detail dari web site yang telah kita buat, silakhan coba di klik link ke website kita untuk memastikan web yang kita buat telah jalan, dalam hal ini linknya berarti http://karembo.site40.net atau http://www.karembo.site40.net.
  3. File Upload Details, Account FTP anda, untuk penggunaan software FTP akan kita bahas di lain kesempatan, untuk sementara ini yang di bahas hanya Web File Manager saja.
  4. Website Builder Details, Pembuat website secara otomatis, akan saya bahas di lain kesempatan.
  5. Quick Links,Berisi link-link menuju halaman lainnya seperti PhpMyAdmin, MySQLManajement, HelpDesk, Forum dan lain-lain.
Untuk saat ini, coba klik Web File Manager yang ada di File Upload Details. Maka Anda akan di minta untuk memasukan password kembali. Masukan maka Anda akan terbawa ke window file manager. Masuklah kedalam public HTML.
Gambar File Manager
Setelah itu, hapuslah file default.php yang ada di sana. Tanda filenya lalu klik delete. Untuk upload file, cukup klik upload new file. Nanti Anda akan masuk ke halaman seperti di bawah ini:
  1. Untuk Archieves, Anda bisa mengupload file-file Zip, tar, tgz, gz maka akan secara otomatis di ekstrakt.
  2. Untuk upload file non archieves bisa menggunakan Files.
  3. Untuk menambahkan jumlah file yang di upload cukup klik add other
  4. Total File yang di tambahkan dalam sekali upload tidak boleh di atas 5 MB.
  5. Klik lambang Check List untuk mulai mengupload
  6. Untuk Mudahnya silakhan lihat gambar
Untuk edit file php / html / text, cukup klik edit dari file yang ingin Anda Edit. Edit file-nya lalu tekan save.

Sumber : Johan Firdaus


Anda telah membaca artikel tentang Membuat Website dengan Web Hosting dan Domain Gratis dan anda bisa menemukan artikel ini dengan url http://binhakim.blogspot.com/2011/02/membuat-website-dengan-web-hosting.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Membuat Website dengan Web Hosting dan Domain Gratis ini dirasa bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Membuat Website dengan Web Hosting dan Domain Gratis sebagai sumbernya.
Terima Kasih

Artikel Yang Berhubungan :



0 Komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda !!!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Pilihan Lainnya

TOKO BUKU :

Silakan diklik mana buku yang akan anda dapatkan