Saat Ini Orang Sedang Online

Rumus Rumus Dasar di Microsoft Excel




Sel dapat diisi dengan rumus. Penulisannya diawali dengan tanda sama dengan (=). Jika pada suatu sel kita awali dengan tanda = maka Excel akan secara otomatis melakukan perhitungan pada sel tersebut. Sebagai contoh jika kita mengisi suatu sel dengan teks 3+7 maka sel tersebut akan berisi teks 3+7. Akan tetapi bila kita mengisi sel dengan bentuk =3+7 maka pada sel tersebut ditampilkan hasilnya, yaitu 10. Sedangkan rumus yang kita berikan —yaitu “=3+7”— ditampilkan pada formula bar.
Contoh lainnya adalah bila sel A1 berisi nilai 5. Kita ingin agar sel A2 menampilkan besarnya nilai tersebut dikalikan 9. Maka pada sel A2 kita isi dengan =A1*9.
Kita dapat menggunakan operator matematika untuk membuat rumus. Berikut ini operator-operator matematika yang dapat kita gunakan.


Operator
Perkalian:*
Pembagian:/
Penjumlahan:+
Pengurangan:-
Perpangkatan:^
Pengelompokan operasi:()
Persentase:%


Sebagai catatan perkalian dan pembagian dihitung mendahului penjumlahan atau pengurangan. Misalnya 5+7*10 hasilnya adalah 5+70 yaitu 75. Bila kita menghendaki agar 5+7 dihitung lebih dulu maka kita gunakan tanda kurung. Jadi penulisannya adalah (5+7)*10 yang hasilnya adalah 350.

Berikut ini adalah beberapa contoh fungsi beserta sintaksnya (bentuk penulisannya) yang mungkin akan sering kita pergunakan. Apabila kita memerlukan atau ingin mengetahui rumus-rumus lain yang disediakan oleh Microsoft Excel, kita dapat melihat pada kotak dialog Paste Function dengan meng-klik “More Function ....."


Anda telah membaca artikel tentang Rumus Rumus Dasar di Microsoft Excel dan anda bisa menemukan artikel ini dengan url http://binhakim.blogspot.com/2011/02/rumus-rumus-dasar-di-microsoft-excel.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Rumus Rumus Dasar di Microsoft Excel ini dirasa bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Rumus Rumus Dasar di Microsoft Excel sebagai sumbernya.
Terima Kasih

Artikel Yang Berhubungan :



3 Komentar:

antos arvian al fatih mengatakan...

salam.
Isi Blog anda sangat lengkap dan menarik
Sukses selalu buat anda dan tetap semangat...

Terimakasih antos arvian al fatih Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
Bin Hakim mengatakan...

Thanx bro, saya lht http://asatigaib.blogspot.com juga sarat dengan makna

Terimakasih Bin Hakim Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
Anonim mengatakan...

Jadi penulisannya adalah (5+7)*10 yang hasilnya adalah 350.

???
bukannya 120?

Terimakasih Anonim Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda !!!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Pilihan Lainnya

TOKO BUKU :

Silakan diklik mana buku yang akan anda dapatkan