Saat Ini Orang Sedang Online

Iwan Fals Ternyata Juga Terkenal Di India





Kharisma seorang Iwan Fals sangat besar, dia sangat dipuja oleh kaum 'akar rumput'. Kesederhanaannya menjadi panutan para penggemarnya yang tersebar diseluruh nusantara. Ternyata tidak cukup sampai disitu, Iwan Fals juga ternyata terkenal sampai ke India, buktinya  lagu “Bongkar” Iwan Fals yang berkolaborasi dengan kelompok Swami diaransemen ulang dan dinyanyikan oleh musisi India dengan bahasa mereka. Dan judul lagu itu berubah menjadi ‘Oya Oya’ yang merupakan soundtrack film India Horn Ok Pleassss.

Seperti ditulis www.iwanfalsmania.blogspot.com, penggunaan aransemen lagu “Bongkar” oleh musisi India tanpa persetujuan dari pengarang lagu ini yaitu Iwan Fals dan kelompok Swami. Juga tidak ada izin dari label yang memayungi album Iwan dan Swami, yaitu Airo Records.

Ini berarti, lagu “Bongkar” telah dijiplak musisi India. Intro dan reffrain lagu versi India ini benar-benar mirip dengan versi Iwan Fals. Perbedaan hanya terdapat pada bagian kecil dan tentu saja bahasa yang digunakan.

“Kita jadi kembali ingat tentang kasus lagu ‘Tak Bisakah’ milik band Peterpan yang menjelma menjadi ‘Kya Mujhe Pyar Hai’. Lagu Peterpan itu dijiplak habis oleh musisi India dan menjadi lagu yang populer serta menduduki puncak tangga lagu cukup lama di India.

Namun menurut kabar berita, pihak Musica Studio (label album Peterpan) telah menyelesaikan kasus penjiplakan ini dengan kekeluargaan, tulis www.iwanfalsmania.blogspot.com.
Menariknya lagi, orang yang menyanyikan “Oya Oya” dan “Kya Mujhe Pyar Hai” adalah penyanyi yang sama. Dia adalah penyanyi India bernama Kay Kay.

Dikhawatirkan, musisi India sedang melakukan ‘balas dendam’ sebab lagu-lagu mereka juga sering menjadi objek plagiarisme oleh musisi Indonesia terutama lagu-lagu dangdut.







Video "Bongkar" Iwan Fals :







Video “Oya Oya” dari film “Horn Ok Pleassss” :







Format mp3 nya dapat didengarkan disini








Dari berbagai sumber




Anda telah membaca artikel tentang Iwan Fals Ternyata Juga Terkenal Di India dan anda bisa menemukan artikel ini dengan url http://binhakim.blogspot.com/2011/09/iwan-fals-ternyata-juga-terkenal-di.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Iwan Fals Ternyata Juga Terkenal Di India ini dirasa bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Iwan Fals Ternyata Juga Terkenal Di India sebagai sumbernya.
Terima Kasih

Artikel Yang Berhubungan :



0 Komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda !!!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Pilihan Lainnya

TOKO BUKU :

Silakan diklik mana buku yang akan anda dapatkan