Saat Ini Orang Sedang Online

Cara Mengejar Buronan di Luar Negeri




Pasca Nazaruddin, masih ada lebih dari 40 buronan yang dikabarkan berada di manca negara. Setidaknya, ada 5 langkah yang bisa dilakukan untuk mengejar para buronan tersebut seperti yang telah diinstruksikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Untuk melaksanakan instruksi Presiden, Kepolisan, Kejaksaan, Kemenkumham, Kemlu dan berbagai instansi terkait perlu melakukan 5 langkah penting," kata Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana.

Langkah pertama, jelas Hikmahanto, adalah mengidentifikasi dan membuat prioritas buron mana yang akan dikejar dalam tahun tertentu. Kedua, mendapatkan informasi yang akurat terkait keberadaan atau lokasi dari buron.

"Di sini aparat Indonesia tidak bisa sekedar menggantungkan diri pada otoritas di mana buron berada atau mengandalkan suatu kebetulan. Perlu diturunkan aparat intelijen atau menyewa detektif swasta," katanya.

Ketiga, pemerintah perlu menyediakan anggaran yang besar dan signifikan mengingat dibutuhkan biaya untuk personil yang pergi ke luar negeri. Bahkan biaya untuk memulangkan buron.

Keempat, bila buron telah teridentifikasi keberadaannya maka perlu dilakukan lobi ke otoritas setempat oleh perwakilan Indonesia untuk memulangkannya. Apakah akan dipulangkan dengan ekstradisi atau deportasi.

Kelima, otoritas Indonesia perlu mengantisipasi bila ada upaya hukum oleh buron yang memanfaatkan pengadilan setempat. Kasus Hendra Rahardja dan Adrian Kiki Ariawan bisa menjadi rujukan.

"Kontra argumentasi perlu dipersiapkan secara matang untuk menjadi amunisi bagi otoritas negara dimana buron memanfaatkan pengadilan ketika berhadapan dengan pengacara buron," tandas Hikmahanto.



Sumber : Detik News 




Anda telah membaca artikel tentang Cara Mengejar Buronan di Luar Negeri dan anda bisa menemukan artikel ini dengan url http://binhakim.blogspot.com/2011/08/cara-mengejar-buronan-di-luar-negeri.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Mengejar Buronan di Luar Negeri ini dirasa bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Mengejar Buronan di Luar Negeri sebagai sumbernya.
Terima Kasih

Artikel Yang Berhubungan :



0 Komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda !!!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Pilihan Lainnya

TOKO BUKU :

Silakan diklik mana buku yang akan anda dapatkan