Saat Ini Orang Sedang Online

60 Juta Tahun yang Lalu Puncak Everest Adalah Dasar Laut



 
Kurang lebih sekitar 200 juta tahun yang lalu, India, Australia, dan Amerika selatan, semua menyatu dan berada pada satu benua yang disebut Pangea. Selama beberapa juta tahun, selatan benua raksasa ini mulai memecah, membentuk benua-benua yang kita kenal sekarang.


Puncak tertinggi di dunia, Gunung Everest terbentuk sekitar 60 juta tahun yang lalu. Gunung ini terbentuk akibat dari gerekan cepat dan kuat dari lempeng tektonik menuju ke arah utara India benua EuroAsia yang menyebabkan dasar laut terdorong keatas. Hal itu dapat dibuktikan dengan temuan batuan sedimen yang seharusnya hanya terdapat di dasar laut, ditemukan pada tebing gunung itu.
Untuk diketahui, bumi ini terdiri dari tujuh lempeng raksasa yang bergerak dipermukaan bumi. Mereka saling bergesekan, bertabrakan dan turun satu sama lain mulai dari 1-20 cm per tahun. Mereka didorong oleh panas yang berasal dari dalam bumi.

Saat ini lempeng2 itu masih aktif bergerak dimana gerakannya sangat lambat, bahkan tidak dapat dirasakan. Bari dirasakan ketika pinggir lempeng yang satu bertemu dengan pinggir lempeng yang lain.
Berikut ini adalah proses terbentuknya pengunungan Himalaya dan Mount Everest:


 1. 60 Juta tahun yang lalu





2. 40 Juta tahun yang lalu












3. 20 Juta tahun yang lalu












4. Saat ini











5. 10 Juta tahun dari sekarang









































Nah dalam hal ini adalah pengunungan Himalaya tempat gunung Everest berada. Benua India terus mendorong ke utara menghancurkan kerak bumi sehingga menyebabkan gunung2 di Himalaya terbentuk. Jika kita melihat sekilas pegunungan Himalaya akan tampak seperti selimut kusut. Saat ini benua India masih mendorong ke utara yang membuat Himalaya dan gunung Everest menjadi semakin tinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakuakan, Pegunungan Himalaya dan Gunung Everest tumbuh 2 inci pertahun. Mungkin dalam istilah manuaisa itu bukan berarti apa-apa, tapi bagaimana jika berlangsung puluhan juta tahun, mungkin bisa mencapai ratusan meter.



Sumber : Adipedia


Anda telah membaca artikel tentang 60 Juta Tahun yang Lalu Puncak Everest Adalah Dasar Laut dan anda bisa menemukan artikel ini dengan url http://binhakim.blogspot.com/2011/04/60-juta-tahun-yang-lalu-puncak-everest.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 60 Juta Tahun yang Lalu Puncak Everest Adalah Dasar Laut ini dirasa bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 60 Juta Tahun yang Lalu Puncak Everest Adalah Dasar Laut sebagai sumbernya.
Terima Kasih

Artikel Yang Berhubungan :



4 Komentar:

i'mblogspot mengatakan...

SELAMAT BLOG SAHABAT MENDAPAT PENGAHARGAAN AWARD DARI, SILAKAN DI AMBIL AWARDNYA YA DI BLOG SAYA...

http://www.jackbox.tk/2011/04/award-pertama-blog-jack-in-box-dari.html

Terimakasih i'mblogspot Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
eko mengatakan...

mannttssp sob, ternyata saya baru tahu yang ini : )

Terimakasih eko Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
Bin Hakim mengatakan...

@Eko : Trima kasih sob tlh sudi singgah

Terimakasih Bin Hakim Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
Bin Hakim mengatakan...

@ I'mblogspot : Thanx sobat

Terimakasih Bin Hakim Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda !!!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Pilihan Lainnya

TOKO BUKU :

Silakan diklik mana buku yang akan anda dapatkan