Saat Ini Orang Sedang Online

Mengenal Jenis Dan Varian Virus Komputer




Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.


Berbagai Jenis Virus Komputer

Virus komputer adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut :
  1. Trojan – Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  2. Backdoor – Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
  3. Spyware – Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  4. Worm – Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  5. Rogue – merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  6. Rootkit – Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  7. Polymorphic virus – Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  8. Metamorphic virus – Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  9. Virus ponsel – Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.
  10. Virus “Life is Beautiful”
Perusahaan peranti lunak, Microsoft dan Norton, menginformasikan adanya ancaman penyusupan virus baru lewat surat elektronik (e-mail) yang merusak data komputer pengguna layanan internet, seperti Yahoo, Hotmail, dan AOL (American OnLine).

Virus itu masuk ke surat elektronik dalam bentuk program presentasi Power Point dengan nama “Life is Beautiful”. Jika Anda menerimanya, segera hapus file tersebut. Karena jika itu dibuka, akan muncul pesan di layar komputer Anda kalimat: “it is too late now; your life is no longer beautiful….” (Sudah terlambat sekarang, hidup Anda tak indah lagi).

Akibatnya, Anda akan kehilangan semua data di komputer. Bukan itu saja, orang yang mengirimkan “virus” itu juga akan mendapatkan akses ke nama, e-mail, dan password Anda. AOL telah mengonfirmasikan, peranti lunak antivirus yang sementara ini sudah ada tidak mampu menghancurkan “Life is Beautiful”. Virus ini diciptakan oleh seorang hacker yang menyebut dirinya “Life Owner”.






Anda telah membaca artikel tentang Mengenal Jenis Dan Varian Virus Komputer dan anda bisa menemukan artikel ini dengan url http://binhakim.blogspot.com/2012/02/mengenal-jenis-dan-varian-virus.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengenal Jenis Dan Varian Virus Komputer ini dirasa bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengenal Jenis Dan Varian Virus Komputer sebagai sumbernya.
Terima Kasih

Artikel Yang Berhubungan :



2 Komentar:

Joko mengatakan...

Jadi nambah lagi nih ilmu tentang virus komputer, makasih gan atas ilmunya, sukses selalu untuk agan

Terimakasih Joko Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
Razi Aziz Syahputro mengatakan...

wah nambah ilmu lgi ni, lumayan bagus jdi pengen kerjasama ni kunjungi balik ya http://razisyahputro.blogspot.com/

Terimakasih Razi Aziz Syahputro Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda !!!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Pilihan Lainnya

TOKO BUKU :

Silakan diklik mana buku yang akan anda dapatkan