Saat Ini Orang Sedang Online

Suku Mentawai, Suku Kuno Yang Terasing Dan Misterius Dari Sumatra



 

Suku Mentawai merupakan kelompok masyarakat yang hidup dan menetap di kepulauan Mentawai, propinsi Sumatera Barat.  Turun temurun, suku Mentawai tinggal di empat pulau besar di kepulauan Mentawai yakni Sibora, Siberut, Pagai Utara serta Pagai Selatan


Secara geografis, letak kepulauan Mentawai berhadapan dengan Samudera Hindia.Untuk menuju ke kepulauan Mentawai, anda harus menyeberangi laut dengan  menggunakan perahu motor. Jarak kepulauan Mentawai dari Pantai Padang lebih kurang 100 kilometer.  Secara turun temurun, suku Mentawai hidup sederhana di dalam sebuah Uma. Uma merupakan rumah yang terbuat dari kayu pohon. Arsitektur bangunan rumah Mentawai berbentuk panggung.

 
Kesederhanaan hidup suku Mentawai terlihat dari cara mereka berpakaian. Pada umumnya, pakaian suku Mentawai masih tradisional. Kaum lelaki Mentawai masih mengenakan Kabit yakni penutup bagian tubuh bawah yang hanya terbuat dari kulit kayu. Sementara bagian tubuh atas dibiarkan telanjang begitu saja tanpa mengenakan sehelai kain.

Sikerei, tetua di Mentawai-pun masih mengenakan Kabit. Lain halnya dengan kaum wanita, untuk menutup tubuh bagian bawah, mereka menguntai pelepah daun pisang hingga berbentuk seperti rok. Sementara untuk tubuh bagian atas, mereka merajut daun rumbia hingga berbentuk seperti baju. Kalaupun ada suku Mentawai yang mengenakan kain sarung ataupun pakaian lengkap, jumlahnya hanya beberapa orang saja.



Berikut ini beberapa Foto Eksklusif Suku Mentawai


Diambil 1900-1940an
 
Suku mentawai adalah suku kuno yang tinggal di kepulauan mentawai bagian dari Sumatra Barat dan Sumatra Utara.


Asal usulnya yang menjadi perdebatan menjadikan suku itu suku yang misterius, ada yang berpendapat termasuk bangsa polynesia ada yang berpendapat merupakan bangsa proto-Malayan (Melayu tua).




Tempatnya yang terisolasi terpisah dari zaman Pleistosin karena naiknya permukaan laut menjadikan budayanya berbeda dengan suku-suku terdekatnya..








Sejak masuknya orang luar dan tntunya perkembangan zaman, suku Mentawai sudah berada pada generasi terakhir karena anak-anak mereka sudah tidak mengikuti budaya tradisional lagi, jadi generasi ayahnya sekarang kmgkinan merupakan generasi yang terakhir.

Foto ayah bersama anak mereka  sudah sangat berbeda diakbatkan pengaruh budaya luar









Sumber : Manajubelz



Anda telah membaca artikel tentang Suku Mentawai, Suku Kuno Yang Terasing Dan Misterius Dari Sumatra dan anda bisa menemukan artikel ini dengan url http://binhakim.blogspot.com/2012/05/suku-mentawai-suku-kuno-yang-terasing.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Suku Mentawai, Suku Kuno Yang Terasing Dan Misterius Dari Sumatra ini dirasa bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Suku Mentawai, Suku Kuno Yang Terasing Dan Misterius Dari Sumatra sebagai sumbernya.
Terima Kasih

Artikel Yang Berhubungan :



0 Komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda !!!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Pilihan Lainnya

TOKO BUKU :

Silakan diklik mana buku yang akan anda dapatkan