Saat Ini Orang Sedang Online

Kisah Olahraga Otak dan Hikayat Catur





Siapa yang tidak kenal catur? Masyarakat di berbagai belahan dunia mengenal permainan yang menggunakan papan berselang-seling hitam dan putih itu. Bermain catur dipercaya menjadi salah satu cara meningkatkan kemampuan otak.
 
Terlepas dari ukuran dan tampilannya, catur dapat dimainkan dengan berbagai aturan yang bervariasi. Bagaimana asal muasal, bentuk, dan siapa yang pertama kali menemukan catur masih menjadi misteri. Catur diduga berasal dari India atau Persia sekitar 600 Masehi. Pada abad ke-14, Ibnu Khaldun mengasosiasikan catur dengan orang bijak dari India bernama Sassa bin Dahir.
 
Permainan kuno serupa catur di India disebut chaturanga yang artinya "Memiliki empat anggota tubuh". Kemungkinan, hal itu merujuk pada empat cabang tentara India yang terdiri atas gajah, penunggang kuda, kereta tempur, dan infanteri. Tidak seperti catur di masa sekarang yang terdiri atas papan dengan 12x12 kotak, chaturanga terdiri atas delapan kali delapan kotak. Chaturanga menjadi cikal bakal catur seperti yang kita kenal sekarang.
 
Sebuah manuskrip Persia abad ke-14 menjelaskan, seorang utusan India membawa permainan "catur" ke pengadilan Persia. Catur itu kemudian dibawa ke Spanyol oleh orang Arab. Namun, sebelum mencapai daratan Eropa, masyarakat Persia telah memodifikasi permainan itu menjadi chatrang. Saat bersentuhan dengan Arab, namanya menjadi shatranj.
 
Pada saat itu, bidak yang dimainkan adalah Syah sebagai raja dan Firzan sebagai jenderal yang kemudian berubah menjadi ratu di permainan modern. Fil adalah gajah yang kemudian bertransformasi menjadi menteri, Faras atau kuda, Rukh atau kereta tempur yang berubah menjadi istana atau benteng, dan Baidaq atau pion.
 
Perubahan terbesar aturan bermain catur, yakni dulu orang-orang menggunakan dadu. Mereka melempar dadu sebelum bermain. Dalam filsafat Hindu di India, melempar dadu sama dengan melempar kesempatan yang berarti sebuah cara berkomunikasi dengan kosmos dan para dewa.
 
Referensi tertulis sebelum masa Islam mengenai permainan ini terdapat di Persia sekitar 600 Masehi. Tulisan ini menyebutkan catur dan periode terakhir penguasa Sasanid di Iran (224-651 Masehi). Buku Karnamak-i Ardeshir-i Papakan(Perbuatan Ar des hir di Papakan) menyebut permainan chatrang sebagai salah satu pencapaian budaya tersendiri bagi Ardeshir sebagai pangeran muda.
 
♦♦♦
 
Permainan catur sangat populer di masyarakat. Begitu juga di kalangan bangsawan, terutama khalifah Abbasiyah sangat menyenanginya. Mereka yang sangat mahir bermain catur di masa itu adalah al-Suli, al-Razi, al-Aadani, dan Ibnu al-Nadim. Banyak orang yang berpikir permainan ini adalah permainan baru, padahal sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Al-Suli menulis banyak catatan mengenai aturan dan strategi bermain. Catatannya pun tersebar di seluruh negeri Muslim.
 
Sebuah buku berjudul Book of the Examples of Warfare in the game of Chess yang ditulis pada 1370 untuk pertama kali memperkenalkan permainan catur yang disebut "Kepala Biara Buta dan Biarawatinya". Seorang musisi dan pelopor Ziryab membawa catur ke Andalusia pada abad ke-9. Kata skakmat berasal dari Persia shahmat yang berarti "raja telah kalah".
 
Dari Andalusia, permainan menyebar di tengah-tengah kaum Kristen Spanyol dan Mozarab hingga mencapai bagian utara dan selatan Spanyol. Catatan Eropa pertama yang menyebut soal catur ditemukan pada 1058. Ketika itu, Countess Ermessind dari Barcelona menghadiahkan bidak catur kristal agar diletakkan di Gereja St Giles di Nimes.
 
Beberapa tahun kemudian, Kardinal Damianni dari Ostia menulis kepada Paus Gregory VII untuk melarang permainan yang disebutnya kafir itu agar tidak menyebar di kalangan pendeta. Ia melarangnya karena catur dibawa oleh Muslim.

Anda telah membaca artikel tentang Kisah Olahraga Otak dan Hikayat Catur dan anda bisa menemukan artikel ini dengan url http://binhakim.blogspot.com/2013/02/kisah-olahraga-otak-dan-hikayat-catur.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Kisah Olahraga Otak dan Hikayat Catur ini dirasa bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Kisah Olahraga Otak dan Hikayat Catur sebagai sumbernya.
Terima Kasih

Artikel Yang Berhubungan :



7 Komentar:

obat sakti kepala sebelah mengatakan...

informasi yang sangat bagus sob,

Terimakasih obat sakti kepala sebelah Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
obat tradisional penyakit osteoarthritis mengatakan...

nice artikelnya gan

Terimakasih obat tradisional penyakit osteoarthritis Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
cara mengobati penyakti osteoarthritis mengatakan...

thank's gan atas informasinya

Terimakasih cara mengobati penyakti osteoarthritis Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
pengobatan alamii penyakit osteoarthritis mengatakan...

saya suka sob informasimu bagus

Terimakasih pengobatan alamii penyakit osteoarthritis Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
grosir ace maxs jakarta utara mengatakan...

nice gan informasinya

Terimakasih grosir ace maxs jakarta utara Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
obat kelami kutil pria mengatakan...

informasi yang sangat bagus. lanjut terus sob,

Terimakasih obat kelami kutil pria Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
Unknown mengatakan...

Cari Poker Online Terbaik?

Hanya di Zeusbola

Deposit murah

Super Gampang

Praktis

Fast Respon 24 Jam

INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
WHATSAPP :+62 822-7710-4607






Terimakasih Unknown Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda !!!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Pilihan Lainnya

TOKO BUKU :

Silakan diklik mana buku yang akan anda dapatkan