Saat Ini Orang Sedang Online

Asal Mula Terompet Tahun Baru Masehi




Seluruh penjuru dunia kini tengah menyambut pergantian tahun. Seperti negara-negara lain di dunia, masyarakat di Indonesia pun juga demikian. Jika di beberapa negara Asia, seperti Jepang, Korea, dan China, masyarakatnya menghabiskan malam Tahun Baru dengan mengunjungi tempat ibadah untuk berdoa. Maka di Indonesia pun, meniup terompet sudah menjadi tradisi masyarakat saat menyambut pergantian tahun.

Sayangnya, hingga saat ini tak banyak orang yang tahu mengapa terompet dipilih untuk menyambut datangnya tanggal 1 Januari.

Semula, budaya meniup terompet ini merupakan budaya masyarakat Yahudi saat menyambut tahun baru bangsa mereka yang jatuh pada pada bulan ke tujuh pada sistem penanggalan mereka. Pada malam tahun barunya, masyarakat Yahudi melakukan introspeksi diri dengan tradisi meniup shofa, sebuah alat musik sejenisi terompet. Bunyi shofar mirip sekali dengan bunyi terompet kertas yang dibunyikan orang Indonesia di malam Tahun Baru.

Sebenarnyam shofar sendiri digolongkan sebagai terompet. Terompet diperkirakan sudah ada sejak tahun 1.500 sebelum Masehi. Awalnya, alat musik jenis ini diperuntukkan untuk keperluan ritual agama dan juga digunakan dalam militer teruta saat akan berperang. Kemudian terompet dijadikan sebagai alat musik pada masa pertengahan Renaisance hingga saat ini. 






 


Anda telah membaca artikel tentang Asal Mula Terompet Tahun Baru Masehi dan anda bisa menemukan artikel ini dengan url http://binhakim.blogspot.com/2012/01/asal-mula-terompet-tahun-baru-masehi.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Asal Mula Terompet Tahun Baru Masehi ini dirasa bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Asal Mula Terompet Tahun Baru Masehi sebagai sumbernya.
Terima Kasih

Artikel Yang Berhubungan :



4 Komentar:

TP-LINK mengatakan...

owh begitu toch sejarahnya..
semua berasal dari kaum yahudi sana,bila mana kita umat islam mengikuti tradisi tersebut berarti ikut merayakan apa yang dirayakan diyahudi..

Terimakasih TP-LINK Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
harga notebook mengatakan...

oh begitu to asal,mula nya terompet jdi tau sy?
...

Terimakasih harga notebook Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
dadi mulyo mengatakan...

jadi untuk ritual keagamaan
dan tahun baru orang yahudi tho

Terimakasih dadi mulyo Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim
tejo mengatakan...

makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

Terimakasih tejo Atas Kunjungan Dan Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Bin Hakim

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda !!!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Pilihan Lainnya

TOKO BUKU :

Silakan diklik mana buku yang akan anda dapatkan