Menurut Brooks & Brooks (Iim Waliman,  dkk. 2001) terdapat beberapa ciri yang menggambarkan seorang guru yang  konstruktivis dalam melaksanakan proses pembelajaran siswa, yaitu:
- Guru mendorong, menerima inisiatif dan kemandirian siswa.
 - Guru menggunakan data mentah sebagai sumber utama pada fokus materi pembelajaran.
 - Guru memberikan tugas-tugas kepada siswa yang terarah pada pelatihan kemampuan mengklasifikasi, menganalisis, memprediksi, dan menciptakan.
 - Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menguraikan isi pelajaran dan mengubah strategi belajar mengajar.
 - Guru melakukan penelusuran pemahaman siswa terhadap suatu konsep sebelum memulai pembelajaran.
 - Guru mendorong terjadinya dialog dengan dan antar siswa.
 - Guru mendorong siswa untuk berfikir, melalui pertanyaan-pertanyaan terbuka dan mendorong siswa untuk bertanya sesama teman.
 - Guru melakukan elaborasi respon siswa siswa, baik yang sudah benar maupun yang belum benar.
 - Guru melibatkan siswa pada pengalaman yang menimbulkan kontradiksi dengan hipotesis siswa dan mendiskusikannya.
 - Guru memberikan waktu berfikir yang cukup bagi siswa dalam menjawab pertanyaan
 - Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba menghubungkan beberapa hal yang dipelajari untuk meningkatkan pemahaman.
 - Guru di akhir pembelajaran memfasilitasi proses penyimpulan melalui acuan yang benar.
 
==============
Sumber :
Iim Waliman, dkk. 2001. Pengajaran Demokratis (Modul Manajemen Berbasis Sekolah). Bandung : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Iim Waliman, dkk. 2001. Pengajaran Demokratis (Modul Manajemen Berbasis Sekolah). Bandung : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Terima Kasih
























0 Komentar:
Posting Komentar
Terima Kasih Atas Komentar Anda !!!!!